FOCUS GROUP DISCUSSION PENYELESAIAN SENGKETA INFORMASI PEMILU DAN PEMILIHAN DI KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE

Bertempat di ruang serba guna Kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, dilaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Keterbukaan Informasi Publik tentang Penyelesaian Sengketa Informasi Pemilu dan Pemiliihan pada hari Kamis, 21 Maret 2019. 

FGD dilaksanakan untuk mengedukasi masyarakat tentang Keterbukaan Informasi sekaligus cara Penyelesaian Sengketa Informasi Pemilu yang kemungkinan akan dihadapi pada pemilu tahun 2019.

Hasil diskusi didapatkan beberapa hal : 1) Peserta memperoleh pengetahuan mengenai UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan PerKI 1 Tahun 2019 tentang bagaimana prosedur permohonan penyelesaian sengketa informasi pemilu dan pemilihan di Komisi Informasi; 2) Masyarakat mengetahui peran dan fungsi dari KPU dan Bawaslu terkait sengketa informasi pemilu dan pemilihan; 3) Masyarakat menginginkan Pemerintah membentuk Komisi Informasi Kab. Kepl. Sangihe dan PPID supaya masyarakat dapat memperoleh informasi dengan cepat karena mengingat lokasi Komisi Informasi Prov. Sulut jauh dari Kab. Kepl. Sangihe; 4) Masyarakat sudah mengetahui kemana harus memperoleh informasi; 5) Masyarakat mengetahui perbedaan jangka waktu permintaan informasi sengketa informasi biasa dengan sengketa informasi pemilu dan pemilihan; 6) Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan, pengawasan dalam pelaksanaan/evaluasi kebijakan publik terkait Pemilu dan Pemilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright | Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Utara 2017