Tentang KIP Sulut

Amanat Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang mengatur mengenai kewajiban badan publik negara dan badan publik non negara untuk memberikan pelayanan informasi yang terbuka, transparan dan bertanggung jawab kepada masyarakat.

Agar keterbukaan informasi publik berjalan sebagaimana mestinya, maka dibentuklah Komisi Informasi. Anggota Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) periode 2016 – 2020, dilantik Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, di Graha Gubernuran Bumi Bringin Manado, Senin (9/5/2016).

Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Utara (KIP Sulut) sendiri berkedudukan di Manado dengan Alamat Jl. Tololiu Supit Depan SMA 7 Teling Manado. Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Utara sendiri telah 2 (dua) kali melakukan seleksi Anggota Komisioner, Anggota Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Utara berjumlah 5 (lima) orang dengan latar belakang pekerjaan, pengalaman dan dunia pendidikan yang berbeda-beda.

Tugas dan Fungsi utama Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Utara adalah melaksanakan amanat undang-undang tersebut yaitu menerima, memeriksa, dan memutus Sengketa Informasi Publik di daerah melalui Mediasi dan/atau Ajudikasi nonlitigasi. Keterbukaan informasi sendiri memberi peluang bagi rakyat untuk berpartisipasi dalam berbagai kebijakan publik. Kondisi ini sekaligus dapat mendorong terciptanya clean and good governance karena pemerintah dan badan-badan publik dituntut untuk menyediakan informasi yang lengkap mengenai apa yang dikerjakannya secara terbuka, transparan dan akuntabel.

Copyright | Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Utara 2017